HABIBI NUGRAHA, 155050011 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) TERHADAP PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya nilai matematika karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis pada siswa. Serta kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan membuat kurang efektifnya proses pembelajaran sehingga tak jarang akan mempengaruhi hasil pembelajaran serta tujuan pembelajaran tersebut tidak tercapai. Alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran Formulate-Share-listen-Create (FSLC). Model pembelajaran ini bersifat kelompok yang memfasilitasi siswa untuk menyusun cara menyelesaikan masalah (formulate), membagikan hasil temuan kepada teman kelompok (share), mendengarkan hasil dari kelompok lain (listen), dan menjawab soal lain dengan cara yang sama atau dengan cara berbeda. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi ekperimen karena subjek tidak dikelompokkan secara acak, tetapi peneliti menerima keadaan subjek seadanya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandung dengan objek yaitu pengaruh model pembelajaran FSLC terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Intrumen dalam penelitian ini berupa tes dan angket disposisis matematis. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran FSLC lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran FSLC lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis pada siswa yang memperoleh pembelajaran FSLC dengan kategori korelasi sangat tinggi. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Formulate-Share-listen-Create
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 04:43 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45028 |
Actions (login required)
View Item |