PENGGUNAAN METODE SELF DIRECTED LEARNING (SDL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI.

NURAINI SYAMSIYAH, 155040015 (2019) PENGGUNAAN METODE SELF DIRECTED LEARNING (SDL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan keterampilan berfikir kreatif siswa melalui Metode Self Directed Learning (SDL) pada materi keanekaragaman Hayati. Subyek pada penelitian ini yaitu kelas kelas X MIPA di SMA Kartika XIX -1, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 32 orang dengan menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian posttest-pretest tidak ekuivalen. Parameter yang diukur adalah tes ketermpilan berfikir kreatif siswa, observasi dalam bentuk laporan serta pembuatan poster, respon siswa terhadap pembelajaran metode Self Directed Learning (SDL). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kemampuan berikir kreatif siswa mengalami perkembangan dengan menggunakan metode Self Directed Learning (SDL), dengan hasil perhitungan nilai N-gain siswa yang mengalami perkembangan pada kelas eksperimen penelitian dengan nilai tertinggi memiliki nilai N-Gain 1,00 dan untuk nilai N-Gain terendah adalah 0,00, hal ini menunjukan bahwa keterampilan berfikir kreatif siswa berkembang setelah pembelajaran menggunakan metode Self Directed Learning (SDL), selain itu Analisis data hasil observasi siswa menunjukan hasil yang sangat baik dengan laporan hasil observasi menunjukan nilai rata-rata 79% menunjukan nilai rata-rata 81, dan Respon siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan metode Self Directed Learning (SDL) pun dikatakan baik di lihat dari skor rata-rata pada angket respon siswa dengan skor 72% respon positif. Demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berfikir kreatif pada siswa dapat berkembang dengan metode pembelajaran Self Directed Learning (SDL). Kata Kunci : Keterampilan berfikir kreatif, Metode Self Directed Learning (SDL),

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:40
Last Modified: 26 Sep 2019 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44514

Actions (login required)

View Item View Item