PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

NENG LINDA RAHAYU, 155050056 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II KAJIAN TEORI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III METODE PENELITIAN.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB_V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Sasaran pembelajaran matematika di setiap jenjang pendidikan di antaranya adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam representasi matematis. Pengembangan kemampuan ini sangat diperlukan agar siswa lebih memahami konsep yang dipelajari, dan dapat menerapkannya dalam berbagai situasi. Representasi adalah salah satu dari lima kemampuan yang hendaknya siswa ketahui dan dapat melakukannya, yaitu: pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, koneksi, dan representasi. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. (2) Untuk mengetahui peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. (3) Untuk mendeskripsikan efektifitas peningkatan kemampuan representasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Falah Bandung. Sampel dipilih secara acak sebanyak 2 kelas yakni kelas VII-F sebagai kelas kontrol dan VII-G sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen test kemampuan representasi matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes dan postes) dan instrumen non-tes berupa angket self-efficacy. Analisis data menggunakan uji parametrik melalui software SPSS Statistic 20.0 for windows. Kesimpulan penelitian ini: (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh madel pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) efektif diterapkan untuk peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: kemampuan representasi, self-efficacy, Search, Solve, Create, and Share (SSCS)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:35
Last Modified: 26 Sep 2019 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44494

Actions (login required)

View Item View Item