NENG LINDA RAHAYU, 155050056 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I PENDAHULUAN.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II KAJIAN TEORI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III METODE PENELITIAN.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
||
Text
BAB_V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Sasaran pembelajaran matematika di setiap jenjang pendidikan di antaranya adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam representasi matematis. Pengembangan kemampuan ini sangat diperlukan agar siswa lebih memahami konsep yang dipelajari, dan dapat menerapkannya dalam berbagai situasi. Representasi adalah salah satu dari lima kemampuan yang hendaknya siswa ketahui dan dapat melakukannya, yaitu: pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, koneksi, dan representasi. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. (2) Untuk mengetahui peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. (3) Untuk mendeskripsikan efektifitas peningkatan kemampuan representasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Falah Bandung. Sampel dipilih secara acak sebanyak 2 kelas yakni kelas VII-F sebagai kelas kontrol dan VII-G sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen test kemampuan representasi matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes dan postes) dan instrumen non-tes berupa angket self-efficacy. Analisis data menggunakan uji parametrik melalui software SPSS Statistic 20.0 for windows. Kesimpulan penelitian ini: (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh madel pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) efektif diterapkan untuk peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: kemampuan representasi, self-efficacy, Search, Solve, Create, and Share (SSCS)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 03:35 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 03:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44494 |
Actions (login required)
View Item |