KERJASAMA PENDIDIKAN INDONESIA – MALAYSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI SARAWAK

Tesa Alya Tresnadi, 152030073 (2019) KERJASAMA PENDIDIKAN INDONESIA – MALAYSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI SARAWAK. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I Skripsi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II Skripsi.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia telah terjalin sejak lama. Hubungan tersebut terimplementasi dalam berbagai bentuk kerjasama dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek pendidikan. Kerjasama pendidikan merupakan salah satu kerjasama yang pertama kali dilakukan oleh Indonesia dan Malaysia melalui kerjasama dalam penyesuaian ejaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu. Sejak saat itu, kerjasama pendidikan Indonesia terus mengalami peningkatan, termasuk dalam hal pemberian layanan pendidikan bagi anak-anak TKI. Banyaknya jumlah TKI yang ada di Malaysia telah menimbulkan permasalahan tersendiri, salah satunya adalah pendidikan bagi anak TKI. Karya tulis ini akan berfokus pada pendidikan anak TKI yang tinggal di Sarawak dimana banyak diantaranya bermukim di ladang kelapa sawit dikarenakan orangtuanya bekerja disana. Permasalahan menjadi rumit karena ketiadaan dokumen resmi, regulasi di Malaysia yang membatasi akses pendidikan, sulitnya akses dan biaya menyebabkan anak-anak tersebut kesulitan untuk mendapatkan layanan pendidikan. Pemerintah Indonesia sendiri telah berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan mendirikan suatu pusat belajar masyarakat yang disebut Community Learning Center (CLC) sejak tahun 2008. Pembangunan CLC ini dapat terwujud berkat koordinasi antara Pemerintah Indonesia dengan perusahaan-perusahaan kelapa sawit serta Pemerintah Malaysia. Dalam karya tulis ini akan dipaparkan mengenai upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan anak TKI melalui program pembangunan CLC sebagai bentuk kerjasama pendidikan Indonesia dan Malaysia serta bagaimana kondisi pendidikan anak Indonesia di Malaysia khususnya di Sarawak dimana masih terbatasnya jumlah CLC yang dibangun disana. Kata Kunci: Hubungan Bilateral, Kerjasama Pendidikan, Pendidikan Anak TKI, Community Learning Center (CLC).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:29
Last Modified: 25 Sep 2019 05:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44446

Actions (login required)

View Item View Item