PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS 3 DI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG

Ragil Putri Intan Mutiara Sani, 155020093 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS 3 DI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover agil.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan bunda.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 FIX.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 FIX.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 FIX.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru ekonomi, hasil belajar siswa serta pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas x iis 3 di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa kelas X IIS 3 SMA Kartika XIX-1 Bandung. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata rata skor. Hasil penelitian menunjukan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai kompetensi guru ekonomi sebesar 3,47 (69,32%) atau “baik” dan hasil belajar siswa tergolong pada kategori “sangat baik” 9 orang, “baik” 4 orang, “cukup” 17 orang, “kurang” 5 orang, dan “gagal” 1 orang. Frekuensi hasil belajar siswa terbanyak pada rentang cukup dengan presentase 47%. Berdasarkan analisis data yang telah didapatkan, diperoleh hasil penelitian mengenai pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa dilihat dari perhitungan koefesien determinasi dengan nilai R square sebesar 0,505. Hal ini menyatakan bahwa variabel X mempunyai pengaruh sebesar 50,5% terhadap variabel Y dan sisanya 49,5% dipengaruhi faktor lain. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak terkait yakni : (1) Bagi pihak sekolah diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas kompetensi guru dengan diadakannya pelatihan. (2) Bagi guru diharapkan guru lebih memperhatikan dalam penerapan indikator-indikator kompetensi guru guna meningkatkan keefektifan dalam kegiatan proses pembelajaran. (3) Bagi Siswa diharapkan agar lebih bersungguh-sungguh dalam kegiatan proses pembelajaran guna tercapainya hasil belajar siswa yang optimal. (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor lain dan topik yang berbeda sehingga memperoleh berbagai alternatif untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan terkait faktor lain selain kompetensi guru ekonomi dalam hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kompetensi Guru Ekonomi dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:21
Last Modified: 24 Sep 2019 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43918

Actions (login required)

View Item View Item