POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN MURID TUNARUNGU DI SLB NEGERI CICENDO KOTA BANDUNG

Tri Yosa, 152050393 (2019) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN MURID TUNARUNGU DI SLB NEGERI CICENDO KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pola komunikasi interpersonal adalah model, sistem atau bentuk dari komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan memungkinkan timbal balik segera. Dalam penelitian ini, pola komunikasi yang terbentuk yaitu dari komunikasi interpersonal guru dan murid tunarungu di SLB Negeri Cicendo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjalin antara guru dan murid tunarungu di SLB Negeri Cicendo yang dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik dari Herbert Blumer yang memiliki 5 konsep yaitu diri (the self), perbuatan (the act), interaksi sosial (social interaction), objek (object), dan tindakan bersama (joint action). Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan metode deskriptif. Terdapat 9 orang sebagai informan dengan 5 diantaranya sebagai informan kunci (key informan). Teknik pengumpulan data studi pustaka dan studi lapangan (observasi, dan wawancara mendalam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara guru dan murid tunarungu terjadi dengan mempertukarkan simbol-simbol yang kemudian diberi makna. Guru dan murid saling memaknai objek. Dari interaksi sosial yang terjalin, guru dan murid membentuk konsep diri mereka dan bertindak berdasarkan makna dirinya, yang diselaraskan atau dileburkan dalam suatu tindakan bersama yaitu kegiatan belajar mengajar. Diharapkan kedepannya agar seluruh elemen masyarakat dapat bekerja sama dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak tunarungu seperti sekolah, orangtua, dan terutama pemerintah agar tercapai kecakapan dan kesetaraan anak tunarungu dengan anak normal lainnya. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Interaksi Simbolik, Konsep Diri (the self), Perbuatan (the act), Interaksi Sosial (social interaction), Objek (object), Tindakan Bersama (joint action).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:05
Last Modified: 23 Sep 2019 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43875

Actions (login required)

View Item View Item