IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PPKn (Pada Materi Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika) (Quasy Eksperimet Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 11 Bandung)

MEGA MUSTIKA, 155010014 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PPKn (Pada Materi Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika) (Quasy Eksperimet Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 11 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK Inggris.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen kuantitatif. dengan latar belakang masih kurang pelatihan dan aktifnya peseta didik dalam proses pembelajaran PPKn di kelas dan dalam berfikir di mata pelajaran PPKn. Serta teknik pembelajaran guru yang diharapkan bervariatif. Dengan demikian peneliti mendeskripsikan beberapa rumusan masalah yaitu, Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, peningkatan keaktifan dan kreatifitas belajar peserta didik serta kekurangan dan keunggulan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar peseta didik. Dengan melalui tahap Tes, Kuesioner atau Angket, Skala Sikap, dan Dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 36 orang peserta didik di lingkungan SMKN 11 Bandung. Secara garis besar analisis data meliputi tiga langkah yaitu: Analisis Data Tes terbagi menjadi Analisis Data Hasil Test Awal (Pre-Test), Analisis Data Hasil Tes Akhir (Pos-Test), dan Analisis Data Gain Analisis. Dengan hasil penelitian, model pembelajaran Mind Mapping ini Membantu kemampuan otak peserta didik untuk berkonsentasi terhadap materi yang disampaikan. Penyampaian materi dapat dipahami oleh peserta didik. Lebih focus memperhatikan materi yang disampaikan. Lebih antusias pada saat menyimak materi. Serta meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang mereka miliki. Sebagai guru yang menunjang pendidikan karakter, sebaiknya guru PPKn lebih menggunakan model pembelajaran yang aktif, melibatkan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan Civic Knowledge, Civic Skill, Civic Disposition, dan Civic Comprehension Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran, Mind Mapping, Keaktifan Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:57
Last Modified: 20 Sep 2019 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43804

Actions (login required)

View Item View Item