PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI EKONOMI SISWA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019 (Sub Pokok Bahasan Manajemen Kelas X IPS 1)

Rani Nur Pratiwi, 155020021 (2019) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI EKONOMI SISWA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019 (Sub Pokok Bahasan Manajemen Kelas X IPS 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitia ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru, pemahaman materi serta pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru terhadap pemahaman materi Ekonomi siswa di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2018-2019 (Sub Pokok Bahasan Manajemen Kelas X IPS 1). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan populasi siswa kelas X IPS 1 SMA Pasundan 1 Bandung berjumlah 31 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata-rata skor yang dibantu dengan program IBM SPSS Version 24. Hasil penelitian ini menunjukan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru yaitu sebesar 3,49 (68,79%), pemahaman materi siswa dibagi menjadi dua dimensi jenis-jenis perilaku pemahaman materi sebesar 3,35 (67,07%), dan indikator-indikator pemahaman materi sebesar 3,44 (68,79%). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,405. Hal ini dapat dideskripsikan bahwa variable X mempunyai pengaruh sebesar 40,5% terhadap variable Y dan sisanya 59,5% dipengaruhi oleh factor lain. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variable Y. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada : (1) Bagi siswa, dengan adanya penjelasan dari guru secara baik dan terarah akan meningkatkan pemahamn bagi siswa terkait materi manajemen, karenanya harus disimak dengan sebaik-baiknya. (2) Bagi Guru untuk meningkatkan pemahamn peserta didik maka seorang guru harus menguasai pedagogical content knowledge (PCK) guru agar memudahkan dalam proses pembelajaran, menguasai kelas dan peserta didik,karena pada hal ini seorangguru harus mampu mengendalikan peserta didik agar proses pembelajaran bisa tercapai dengan baik. (3) Bagi Sekolah, Kepala sekolah dapat menyarankan guru untuk menguasai pedagogical content knowledge (PCK) guru agar mampu meningkatkan pemahamn dalam proses pembelajaran baik dalam kelas maupun luar kelas. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, bagi para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan pedagogical content knowledge (PCK) guru peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan lainnya, dalam mata pelajaran berbeda dan kelas yang berbeda pula. Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru, Pemahaman Materi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:13
Last Modified: 19 Sep 2019 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43722

Actions (login required)

View Item View Item