IMPLEMENTASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SEL

Nurul Rahmaniyati Wijaya, 155040045 (2019) IMPLEMENTASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Lembar pengesahan.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Abstract.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.Ringkesan.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.BAB III.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
18.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
19.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
20.Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam konsep sel kelas XI IPA di SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih berorientasi pada guru dan adanya kesulitan siswa dalam memvisualisasikan bentuk sel yang bersifat mikroskopis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah implementasi model guided inquiry pada konsep sel dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi-Experimental dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Kelas kontrol mendapatkan rata-rata N-gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa model guided inquiry mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tinggi. Instrument dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 8 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan bantuan program software SPSS 20.00 yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil analisis dan hipotesis nilai signifikan dengan uji t adalah 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Maka kesimpulan yang dapat diambil bahwa Ha diterima serta menunjukan bahwa implementasi model guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sel. Kata Kunci : Model Guided Inquiry, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:56
Last Modified: 17 Sep 2019 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43637

Actions (login required)

View Item View Item