AVIANTI DWI RAHMASARI, 155040074 (2019) MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
| 
 | Text COVER.pdf Download (28kB) | Preview | |
| 
 | Text Lembar Pengesahan.pdf Download (56kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (140kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRAK SUNDA.pdf Download (139kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB I.pdf Download (319kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB II.pdf Download (530kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB III.pdf Download (494kB) | Preview | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | |
| 
 | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model learning cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA1 di SMA Pasundan 7 Bandung, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 32 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Parameter yang diukur adalah tes kemampuan keterampilan proses sains siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji keterampilan proses sains siswa berupa 20 butir soal pilihan ganda dan LKPD. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 41.41 dan rata-rata posttest 75.78 dengan nilai N-Gain tertinggi sebesar 1.00 dan nilai N-Gain terendah sebesar 0,44. Persentase LKPD untuk indikator mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasi, dan menyimpulkan secara berurutan adalah 79.17% , 87.50%, 79.17%, 91.67%, 91.67%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan sete lah pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E. Demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains pada siswa dapat meningkat melalui model learning cycle 5E. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Learning Cycle 5E, siswa
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 | 
| Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata | 
| Date Deposited: | 17 Sep 2019 04:43 | 
| Last Modified: | 17 Sep 2019 04:43 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43625 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        