PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Sub Materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Kelas X IPS Semester Ganjil di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Desi Wulandari, 155020100 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Sub Materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Kelas X IPS Semester Ganjil di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. ABSTRAK B. INDO.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB 2.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
16. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
17. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual materi konsep dasar ilmu ekonomi pada kelas X SMA Pasundan 1 Bandung yang dikembangkan efektif, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran ekonomi dengan model kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X SMA Pasundan 1 Bandung tahun ajaran 2019-2020. Adapun sampel penelitianny a adalah sebanyak dua kelas y aitu siswa kelas X- IPS 1 dan X-IPS 3 SMA Pasundan 1 Bandung dipilih secara acak dari populasi. I nstrumen yang digunakan dalam penelitian berupa test pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui alat bantu statistik yaitu menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh pada tes akhir (post test) nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,007. Oleh karena nilai signifikannya < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsep dasar ilmu ekonomi. Sedangkan pada N-gain diperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,064. Oleh karena nilai signifikannya > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual tidak lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsep dasar ilmu ekonomi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Melalui Pendekatan Konstektual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:42
Last Modified: 17 Oct 2019 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43618

Actions (login required)

View Item View Item