Desi Wulandari, 155020100 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Sub Materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Kelas X IPS Semester Ganjil di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (984kB) | Preview |
|
|
Text
07. ABSTRAK B. INDO.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
09. ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
08. ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 2.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
16. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
17. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual materi konsep dasar ilmu ekonomi pada kelas X SMA Pasundan 1 Bandung yang dikembangkan efektif, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran ekonomi dengan model kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X SMA Pasundan 1 Bandung tahun ajaran 2019-2020. Adapun sampel penelitianny a adalah sebanyak dua kelas y aitu siswa kelas X- IPS 1 dan X-IPS 3 SMA Pasundan 1 Bandung dipilih secara acak dari populasi. I nstrumen yang digunakan dalam penelitian berupa test pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui alat bantu statistik yaitu menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh pada tes akhir (post test) nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,007. Oleh karena nilai signifikannya < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsep dasar ilmu ekonomi. Sedangkan pada N-gain diperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,064. Oleh karena nilai signifikannya > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual tidak lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsep dasar ilmu ekonomi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Melalui Pendekatan Konstektual, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 03:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43618 |
Actions (login required)
View Item |