PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAN 1 BANTARUJEG KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2018/2019

LIVIANI LAILATUL RACHMAN, 155020051 (2019) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAN 1 BANTARUJEG KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABTRACT.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Pedagogical Content Knowledge terhadap Pemahaman Materi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Bantarujeg. Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui pedagogical content knowledge pada siswa kelas XI IPS 1 (2) mengetahui pemahaman materi siswa kelas XI IPS1 (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pedagogical content knowledge terhadap pemahaman materi siswa. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan angket dan lembar observasi, mata pelajaran penelitian ini yai tu mata pelajaran ekonomi dengan 30 siswa, serta t eknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis dari penelitian ini berbunyi terdapat pengaruh pedagogical content knowledge (X) terhadap pemahaman materi siswa (Y) kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Bantarujeg. Teknik pengujian pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Data yang terkumpul berupa hasil angket dari 30 responden. Analisis data yaitu analisis deskriptif untuk di verifikasi data dengan menghitung rata-rata (mean) skor, regresi linier dan koefisien menggunakan SPSS 24 , recapitulation analisis deskriptif pedagogical content knowledge dengan skor rata-rata 4,2 di kategori pemahaman materi dengan 3,54. Hasilnya yaitu adanya peningkatan pemahaman materi siswa menggunakan pedagogical content knowledge. Kesimpulan setelah menggunakan pedagogical content knowledge terhadap pemahaman materi siswa kelas XI IPS 1dapat diterima karena ada pengaruh antara variabel (x) dan variabel (y) dengan hasil pengaruh sebesar 22,6% dan 77,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Sebagai akhir dari penelitian ini penulis menyampaikan saran bahwa pedagogical content knowledge digunakan agar siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge, Pemahaman Materi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:45
Last Modified: 17 Sep 2019 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43605

Actions (login required)

View Item View Item