NADYA PUTRI SORAYA, 155030088 (2019) PEMBELAJARAN MENGONTRUKSI SEBUAH TEKS CERITA PENDEK DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkeusan.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mengontruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen pada peserta didik kels XI SMA Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegitan pembelajaran pendidik terkadang masih memerhatikan peserta didik yang lebih unggul saja dibandingkan mendorong kemampuan peserta didik yang lainnya tidak akan membantu untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan. Saat ini dalam kegiatan menulis peserta didik masih menganggap bahwa menulis itu sulit sehingga peserta didik tidak mempunyai bakat dan minat dalam kegiatan menulis. Dengan keadaan seperti itu kegiatan menulis masih terasa sulit oleh peserta didik karena tidak adanya motivasi atau minat peserta didik. permasalahan tersebut menarik perhatian penulis untuk penelitian dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia tetang teks cerita pendek dengan memerhatiak unsur -unsur pembangun cerpen jika kurang diminati tidak akan berhasil. Penelitian ini m enggunakan model pembelajaran quantum teaching. metode penelitian ini memungkinkan adanya dua kelas yang digunakan dan dibandingkan dalam penelitian yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perolehan hasil nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,4 dan nilai postes kelas eksperimen 82,6 yang meningkat dengan selisih 53,2. ketuntasan yang diperoleh pada kelas eksperimen sebanyak 23 peserta didik. model quantum teaching yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efaktif dibandingkan kelas kontrol yang menggunkan model inquiri. Berdasarkan data yang diambil, terdapat 26 data positif (N) yang artinya 26 peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dari nilai pretes ke postes. Mean ranks atau rata-rata peningkatan sebesar 13,50 sedangkan jumlah rangking atau sum ranks 351,00, maka dapat disimpulakan bahwa pembelajaran mengontruksi cerita pendek dengan menggunkan model quantum teaching telah terlaksanakan dengan baik. Kata kunci : pembelajaran, mengontruksi, teks cerita pendek, model quantum teaching
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 02:30 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 02:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43602 |
Actions (login required)
View Item |