RESTI NUR AZIZAH, 155050041 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CRA (CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (859kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
||
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu daya matematis yang harus diketahui dan dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu kemampuan representasi matematis perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) Mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, dan 3) Mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstract) terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Model pembelajaran CRA adalah model pembelajaran tiga bagian untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan mengatasi pengetahuan konseptual. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandung dengan pengambilan sampel yang terdiri dari 2 kelas dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala disposisi matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan effect size. Adapun hasil yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian adalah, 1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, dan 3) Pembelajaran dengan model CRA (Concrete Representational Abstact) memiliki efektif yang sedang untuk peningkatan kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstract).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 08:03 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 08:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43582 |
Actions (login required)
View Item |