PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CRA (CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT)

RESTI NUR AZIZAH, 155050041 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CRA (CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (859kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu daya matematis yang harus diketahui dan dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu kemampuan representasi matematis perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) Mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, dan 3) Mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstract) terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Model pembelajaran CRA adalah model pembelajaran tiga bagian untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan mengatasi pengetahuan konseptual. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandung dengan pengambilan sampel yang terdiri dari 2 kelas dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala disposisi matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan effect size. Adapun hasil yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian adalah, 1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstact) lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, dan 3) Pembelajaran dengan model CRA (Concrete Representational Abstact) memiliki efektif yang sedang untuk peningkatan kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran CRA (Concrete Representational Abstract).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:03
Last Modified: 16 Sep 2019 08:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43582

Actions (login required)

View Item View Item