Gisnawati dan Dr. H. Wawan Setiawan, M.Sn (2019) PERANCANGAN BOARD GAME BERDASARKAN KISAH BHARATAYUDHA . Gisnawat: 156010018. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
|
Text
1. AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Board gameadalah jenis permainan dimana alat-alat atau bagian-bagian permainan ditempatkan, dipindahkan, atau digerakkan pada permukaan yangtelah ditandai atau dibagi-bagi menurut seperangkat aturan (Mike Scorviano,2010).Board gameyang merepresentasikan kisah kehidupan nyata hampir semua memiliki alur cerita, dan papannya adalah tambahan yang berfungsi untuk memvisualisasikan skenario sesuai jalan cerita. Bharatayudha merupakan salah satu kisah kehidupan nyata dikonstruksikan pada berbagai daerah serta ditransformasikan ke dalam bentuk kesenian khassetempat, termasuk dalam berbagai bentuk pagelaran wayangsalah satunya adalah wayang golek.wayang golek merupakan kesenian wayang yang terbuat dari kayu. Kesenian wayang golek ini sangat populer di Jawa Barat khususnya di wilayah tanah Pasundan.Kondisi dari kisah-kisah wayang saat ini mengalami mati suri, terutama kisah-kisah wayang golek yang sudah kurang diminati oleh para remaja. Kini para remaja lebih tertarik dengan kebudayaan luar yang menyuguhkan berbagai macam kisah heroik dan fantasi yang lebih menarik, sehingga apresiasi terhadap kisah pewayangansemakin tergeser. Berbagai inovasimedia untukmemperkenalkan kisah pewayanganpunberagam, salah satunya adalah board game. Tujuan utama dari perancangan ini adalah untuk mengenal kisah Nusantaradalam pewayangan, serta menimbulkan minat akanbudaya melalui kisah Bharatayudha pada wayang golek. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatifuntuk memahami secara mendalam gejala atau fenomena yang dihadapi, melalui instrumen penelitian wawancara, observasi danstudi literatur.Perancangan board gamedibuat untuk mengenalkan kisah Bharatayudha padawayang golek yang disesuaikan berdasarkan target yaitu remaja yang ada di kota Bandung, dan dirancangmelalui pendekatan MDA framework. Hasil dari perancangan ini adalah sebuahboard gameberdasarkan kisah Bharatayudha. Selain itu visualisasi dalam perancangan board gameinidibuat menarik dan disesuaikankesukaan target yaitu dengan pendekatan visual pada mobile legend.Kata kunci: Bharatayudha,wayang golek, board game
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 07:23 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 08:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43567 |
Actions (login required)
View Item |