ANDRIANSYAH, 155030109 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERORIENTASI SUGESTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover skripsi.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda .pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (561kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka skripsi.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menulis teks persuasi berorientasi sugesti peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi berorientasi sugesti pada penelitian ini menggunakan metode group investigation. Metode group investigation adalah strategi belajar kooperatif yang menempatkan siswa kedalam kelompok untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik. Metode group investigation membantu siswa untuk belajar memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti dengan cara bekerja sama dalam kelompok kecil. Penelitian ini dilakukan di SMP Nusantara Bandung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest, yaitu menggunakan prates dan pasca tes dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti menggunakan metode group investigation di kelas VIII SMP Nusantara Bandung. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,4; 2) Peserta didik di kelas VIII SMP Nusantara Bandung mampu mengikuti pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti. Hal ini dibuktikan dari hasil prates dengan rata-rata 23,85 dan hasil pasca tes dengan rata-rata 76,3 Perbedaan ini menunjukkan selisih 76,3 – 23,85 = 52,45; 3) Metode group investigation efektif bagi pembelajaran menulis teks persuasi berorientasi sugesti di kelas VIII SMP Nusantara Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik, diketahui t hitung ≥ t tabel, yaitu 14,73 > 1,729. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 19. Kata kunci: pembelajaran, menulis, teks persuasi berorientasi sugesti, metode group investigation.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 07:16 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43565 |
Actions (login required)
View Item |