PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK YP. 79 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AGI ABDUL ROHMAN, 155030048 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK YP. 79 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam kurikulum 2013 revisi mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi merupakan keterampilan membaca. Berkaitan dengan hal di atas, penulis melakukan penelitian pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi menggunakan metode inkuiri pada peserta didik kelas XI SMK YP.79 Majalaya. Penelitian kali ini berawal dari masalah yang menyatakan, bahwa motivasi peserta didik dalam membaca masih kurang serta minimnya kemampuan peserta didik dalam keterampilan membaca. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi menggunakan metode inkuiri, mengetahui kemampuan peserta didik kelas XI SMK YP.79 Majalaya dalam mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi, dan menguji keefektifan pengunaan metode inkuiri. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode campuran (mix methode) dengan teknik observasi, tes, uji coba, dan analisis data. Hasil penelitian yang didapatkan penulis adalah sebagai berikut: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan meng-evaluasi pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi menggunakan metode inkuiri, dibuktikan dengan nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang mendapatkan nilai rata-rata 3,8 termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan predikat A; (2) Peserta didik kelas XI SMK YP.79 Majalaya tahun pelajaran 2019/2020 mampu mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi. Hal itu terbukti dari peningkatan hasil belajar dengan nilai pascates lebih besar daripada nilai prates, yakni 81 > 27,4 dengan selisih 53,6; (3) Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMK YP. 79 Majalaya Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 12,97 dan hasil ttabel 9,6 pada tingkat kepercayaan 95% dengan db sebesar 20. Dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi dengan menggunakan metode inkuiri menunjukan keberhasilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini sangat disarankan terutama dalam pembelajaran membaca. Kata Kunci: Pembelajaran Membaca, Mengidentifikasi, Teks Eksplanasi, Informasi, Inkuiri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:05
Last Modified: 16 Sep 2019 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43560

Actions (login required)

View Item View Item