PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Se Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Neneng Lely Amelia, 155020068 (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Se Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana pengaruh profesionalisme guru pada kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta se kecamatan Regol kota Bandung tahun ajaran 2018/2019, (ii) bagaimana prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta se kecamatan Regol kota Bandung tahun ajaran 2018/2019, dan (iii) Adakah pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta se kecamatan Regol kota Bandung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan asosiatif kausal. Cara untuk mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Data yang dikumpulkan yaitu data angket dari 154 responden yang berada di kelas XI IPS di SMA Swasta se kecamatan Regol kota Bandung dan prestasi belajar diukur menggunakan nilai Ujian Akhir Semester Siswa (UAS). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan verifikasi data dengan menghitung skor rata-rata (mean), regresi linier dengan koefesien menggunakan SPSS 24,0. Rekapitulasi analisis deskriptif profesionalisme guru rata-rata 2,992 berada pada kategori “cukup” dan rata-rata prestasi belajar sebesar 76,65 atau sudah di atas KKM. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa profesionalisme guru dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, karena adanya pengaruh sebesar 45,4%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di dalam maupun di luar diri siswa dan lingkungan belajarnya. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi sekolah, harus lebih memperhatikan keprofesionalan guru dalam mengajar. Serta lebih ditingkatkan lagi dan bahkan keprofesionalan guru bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih guru yang akan mengajar di SMA Swasta se kecamatan Regol untuk mempermudah sekolah atau guru dalam menjalankan tugasnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan., (ii) bagi guru, kepada guru mata pelajaran ekonomi selanjutnya dalam hal penyampaian materi menggunakan alat ajar teknologi seperti laptop dan infokus dan media ajar yang se kreatif mungkin agar siswa dapat tertarik mengikuti pembelajaran, (iii) bagi peneliti selanjutnya peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian sejenis untuk mengetahui faktor-faktor di luar profesionalisme guru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga dapat diketahui seberapa besar kontribusi yang diberikan untuk prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:20
Last Modified: 02 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43546

Actions (login required)

View Item View Item