ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP CERPEN “BROMOCORAH” KARYA MOCHTAR LUBIS (Representasi Karakter tokoh utama pada Cerpen Bromocorah Karya Mochtar Lubis)

MUHAMMAD INDMAS, 152050152 (2019) ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP CERPEN “BROMOCORAH” KARYA MOCHTAR LUBIS (Representasi Karakter tokoh utama pada Cerpen Bromocorah Karya Mochtar Lubis). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA lengkap.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover SKRIPSI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesesahan.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Wacana Kritis Terhadap Cerpen Bromocorah Karya Mochtar Lubis” (Representasi Karakter tokoh utama pada Cerpen Bromocorah Karya Mochtar Lubis) Penelitian ini meneliti mengenai wacana didalam teks cerpen, membedah dan mengungkap mengenai makna, representasi dan berbagai aspek yang terkandung didalam cerpen tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap dan mengetahui nilai-nilai dan makna apa saja yang terkandung dalam cerpen “Bromocorah” secara mendalam serta memberikan kritik dan menarik pada realitas sosial dengan pendekatan Teori Realitas Sosial Peter L Berger & Thomas Luckmann. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paradigma kritis, dimana secara terbuka mengungkap proyek utama dari paradigma kritis adalah pembebasan nilai dominasi dari kelompok yang ditindas. Pendekatan yang digunakan adalah Metode Analisis Wacana Kritis berupa teks dan makna yang diamati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori realitas sosial dimana wacana yang terdapat dalam teks di bedah secara mendalam yang diteliti dengan pendekatan Model Teknik Analaisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk yang mengkaji makna dari suatu teks dengan teknik pengumpulan data melalui Wawancara Mendalam, Observasi dan Studi Kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa makna dari Cerpen “Bromocorah” dapat dikatakan adalah tentang kehidupan seorang bromocorah dan tatanan susunan masyarakat di suatu desa, dimana terdapat pelabelan dan stigmatisasi pada bromocorah yang turut menghalanginya untuk mengubah jalan hidup. Makna yang terkandung tentunya merepresentasikan Makna Global kehidupan sosial manusia melalui cerminan dalam tatanan sosial masyarakat dalam cerpen. Dari hasil analisis menunjukan bahwa cerpen “Bromocorah” karya Mochtar Lubis merepresentasikan karakter tokoh utama kehidupan nyata pada masyarakat, adanya hegemoni budaya dan makna global secara baik. Makna tersebut di peroleh melalui kisah hidup tokoh utama dan alur cerita dalam cerpen tersebut. Cerpen ini bisa dijadikan wacana diri bermasyarakat dan menjadi pembelajaran sosial dan budaya. Singkat kata Cerpen Bromocorah adalah buku referensi yang baik untuk refleksi sosial masyarakat. Kata Kunci : Cerpen, Pelabelan dan Tokoh, Makna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:38
Last Modified: 16 Sep 2019 01:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43507

Actions (login required)

View Item View Item