PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN PENCAPAIAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND SISWA SMP MELALUI MODEL SITUATION BASED LEARNING

DILLA PADILLATUL AHKAM, 155050059 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN PENCAPAIAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND SISWA SMP MELALUI MODEL SITUATION BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada era globalisasi ini banyak tantangan atau masalah yang begitu kompleks.Oleh karena itu setiap individu harus memiliki kesempatan untuk belajar matematika, salah satunya adalah literasi matematis. Untuk mencapai kemampuan literasi matematis, diperlukanlah karakter yang kuat salah satunya adalah mathematical habits of mind. Namum pada kenyataannya capaian literasi matematis dan matehamtical habits of mind siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan li terasi matematis dan mathematical habits of mind adalah model Situation Based Learning (SBL), model pembelajaran ini dapat dijadikan jembatan untuk menghubungkan situasi yang berisfat konkret dengan konsep matematika abstrak. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SBL lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui mathematical habits of mind siswa yang memperoleh model pembelajaran SBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung. Teknik pengambilan sampel adalah purposive samplimg, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan literasi matematis dan instrumen non tes berupa angket mathematical habits of mind. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS Statistics 20 for Windows dan rumus cohend’s untuk mengetahui efektivitas model. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SBL lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) mathematical habits of mind siswa yang memperoleh model pembelajaran SBL tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional ; 3) Efektivitas model pembelajaran SBL terhadap kemampuan literasi matematis siswa tergolong dalam kategori besar yaitu 1,47. Kata Kunci: Literasi Matematis, Mathematical Habits of Mind, SBL

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2019 03:30
Last Modified: 14 Sep 2019 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43454

Actions (login required)

View Item View Item