PERSEPSI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MICRO TEACHING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP EFIKASI DIRI DALAM MENGAJAR (Survey pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas)

Sherly Apriyana Sulaeman, 155020065 (2019) PERSEPSI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MICRO TEACHING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP EFIKASI DIRI DALAM MENGAJAR (Survey pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak B.Inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak B.Sunda.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas mengenai pelaksanaan pembelajaran praktik micro teaching, (ii) bagaimana tingkat efikasi diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas dalam mengajar (iii) seberapa besar pengaruh persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas dalam pembelajaran praktik micro teaching terhadap efikasi diri dalam mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan sampel berjumlah 61 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Adapun hasilnya sebagai berikut: (i) persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran praktik micro teaching pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas menunjukkan hasil yang baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan skor rata-rata 4,10 (82,05%) ada pada kategori sangat baik, (ii) tingkat efikasi diri dalam mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi angkatan 2015 FKIP Unpas sebesar 4,01 (80,48%) ada pada kategori sangat baik. (iii) hasil regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh persepsi mahasiswa dalam pembelajaran praktik micro teaching terhadap efikasi diri dalam mengajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. Dengan nilai R Square sebesar 0,273. Dapat ditafsirkan bahwa persepsi mahasiswa dalam pembelajaran praktik micro teaching memiliki kontribusi 27,3% terhadap efikasi diri dalam mengajar. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni : (i) bagi mahasiswa, dalam pelaksanaan praktik micro teaching diharapkan mau terus belajar dan berlatih sehingga dapat meningkatkan efikasi diri dalam mengajar; (ii) bagi kelembagaan FKIP dan Unpas, diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dan upaya dalam meningkatkan efikasi diri dalam mengajar melalui praktik micro teaching; (iii) bagi peneliti lain, diharapkan dapat memberikan wawasan yang baru bagi pengembangan ilmu pendidikan. Kata Kunci: Persepsi mahasiswa dalam pembelejaran praktik micro teaching dan efikasi diri dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:50
Last Modified: 12 Sep 2019 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43341

Actions (login required)

View Item View Item