PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK

IRA NURJANAH, 155050035 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (888kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui terdapat self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick dan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian kelompok kontrol pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Lembang. Adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis dan skala self-confidence. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick dan model pembelajaran ekspositori. Kata kunci: kolaborasi model pembelajaran think pair share dan talking stick, kemampuan pemahaman matematis, dan self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:39
Last Modified: 10 Sep 2019 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43215

Actions (login required)

View Item View Item