PEMBELAJARAN MEMERANKAN ISI FABEL BERORIENTASI PADA UNSUR INSTRINSIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 CIKANCUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SKIRIPSI

JULIA RUQOYYAH, 155030079 (2019) PEMBELAJARAN MEMERANKAN ISI FABEL BERORIENTASI PADA UNSUR INSTRINSIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 CIKANCUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SKIRIPSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 fix.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III fix.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam berbicara atau memerankan isi fabel. Berbicara merupakan salah satu aspek berbahasa yang bersifat aktif dan representatif. Media boneka tangan adalah media pembelajaran yang menarik dan produktif. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Memerankan Isi Fabel Berorientasi pada Unsur Instrinsik dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Cikancung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan. Dengan demikian, peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran isi fabel, dapat dibuktikan dari hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Peneliti mendapatkan nilai rata-rata dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memerankan isi fabel dengan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peserta didik mampu memerankan isi fabel, hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest pada kelas kontrol dengan rata-rata 4,96 dan posttest pada kelas kontrol dengan rata rata 7,88. Perbedaan pada kelas kontrol menunjukkan selisih 2,92. Kemudian hasil pretest pada kelas eksperimen dengan rata-rata 5,04 dan posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata 8,68. Perbedaan pada kelas eksperimen menunjukkan selisih 3,04. Media boneka tangan efektif digunakan di kelas VII SMP Negeri 3 Cikancung. Kata Kunci : pembelajaran, memerankan isi fabel, media boneka tangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2019 10:28
Last Modified: 05 Sep 2019 10:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42935

Actions (login required)

View Item View Item