ISTIQOMAH TIARA KHATULISTIWA, 155030054 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS CERITA PENDEK BERFOKUS PADA NILAI PENDIDIKAN KARAKTERISASI TOKOH DAN PENOKOHAN DENGAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION DI KELAS XI SMAN 1 MARGAASIH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia harus dilaksanakan dengan efektif agar mampu menimbulkan minat dan perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penulis melakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Menganalisis Cerita Pendek Berfokus pada Nilai Pendidikan Karakterisasi Tokoh dan Penokohan dengan Metode Spontaneous Group Discussion Di Kelas XI SMAN 1 Margaasih Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah yang diajukan diantaranya (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dalam cerita pendek dengan metode Spontaneous Group Discussion pada siswa kelas XI SMAN 1 Margaasih? (2) Apakah peserta didik kelas XI IPS 1 XI SMAN 1 Margaasih mampu menganalisis nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dengan metode Spontaneous Group Discussion? (2) Efektifkah metode Spontaneous Group Discussion digunakan dalam pembelajaran menganalisis nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dalam cerita pendek pada siswa kelas XI SMAN 1 Margaasih? Adapun hasil nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata pelaksanaan pelajaran adalah 3,98. Hasil Prates dengan rata-rata 36,33 dan hasil Pascates dengan rata-rata 83,83 perbedaan ini menunjkan selisih 83,83-36,66 = 47,17, sehingga menghasilkan peringkatan dari Prates dan Pascates sebesar 47,17. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > ttabel , yaitu 14,38 > 2,82 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran menganalisis cerita pendek berfokus pada nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dengan metode Spontaneous Group Discussion kelas XI SMAN 1 Margaasih tahun pelajaran 2019/2020 sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Menganalisis, Metode Spontaneous Group Discussion, Teks Cerita Pendek
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 10:33 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 10:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42924 |
Actions (login required)
View Item |