PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN RESMI BERORIENTASI PADA STRUKTUR ISI DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YULI DAYANTI, 155030099 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN RESMI BERORIENTASI PADA STRUKTUR ISI DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Metode explicit instruction adalah metode pembelajaran yang mengedepankan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode explicit instruction yang diterapkan pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut. 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi berorientasi pada struktur isi dan kebahasaan menggunakan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode explicit instruction dan kelas kontrol yang menggunakan metode penugasan? 3) Adakah perbedaan yang signifikan dari hasil pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan diantara kelas eksperimen yang menggunakan metode explicit instruction dan kelas kontrol yang menggunakan metode penugasan? 4) Bagaimanakah keefektifan metode explicit instruction dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 5) Adakah perbedaan metode explicit instruction sebagai kelas eksperimen dengan metode penugasan sebagai kelas kontrol dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? Hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mendapatkan nilai 3,50 menandakan bahwa penulis berhasil merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. 2) Pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretes ialah 48,17 dan rata-rata nilai postes 91,43. Terdapat selisih sebesar 28,98. 3) Nilai kelas eksperimen pada tes awal 48,17 standar devisiasinya adalah 13,50. Kemudian rata-rata tes akhir 91,43. Pada uji independent sampels test nilai signifikansinya adalah 0,400 > 0,05. 4) pada hasil uji paired sampels t test bahwa nilai signifikansi (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05 sehingga ada kenaikan hasil dari kelas eksperimen. 5) N-Gain kelas eksperimen adalah 82,57 sedangkan kelas kontrol 31,49. Kata Kunci: menulis, surat pribadi, dan metode Explicit Intruction.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:34
Last Modified: 04 Sep 2019 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42804

Actions (login required)

View Item View Item