YULI DAYANTI, 155030099 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI UNTUK KEPENTINGAN RESMI BERORIENTASI PADA STRUKTUR ISI DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Metode explicit instruction adalah metode pembelajaran yang mengedepankan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode explicit instruction yang diterapkan pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut. 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi berorientasi pada struktur isi dan kebahasaan menggunakan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode explicit instruction dan kelas kontrol yang menggunakan metode penugasan? 3) Adakah perbedaan yang signifikan dari hasil pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan diantara kelas eksperimen yang menggunakan metode explicit instruction dan kelas kontrol yang menggunakan metode penugasan? 4) Bagaimanakah keefektifan metode explicit instruction dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 5) Adakah perbedaan metode explicit instruction sebagai kelas eksperimen dengan metode penugasan sebagai kelas kontrol dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan memperhatikan struktur isi dan kebahasaan pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? Hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mendapatkan nilai 3,50 menandakan bahwa penulis berhasil merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. 2) Pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretes ialah 48,17 dan rata-rata nilai postes 91,43. Terdapat selisih sebesar 28,98. 3) Nilai kelas eksperimen pada tes awal 48,17 standar devisiasinya adalah 13,50. Kemudian rata-rata tes akhir 91,43. Pada uji independent sampels test nilai signifikansinya adalah 0,400 > 0,05. 4) pada hasil uji paired sampels t test bahwa nilai signifikansi (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05 sehingga ada kenaikan hasil dari kelas eksperimen. 5) N-Gain kelas eksperimen adalah 82,57 sedangkan kelas kontrol 31,49. Kata Kunci: menulis, surat pribadi, dan metode Explicit Intruction.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 06:34 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 06:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42804 |
Actions (login required)
View Item |