KAMPANYE KOMUNIKASI HUMAS SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANDUNG PADA PROGRAM CITARUM HARUM

RIKI HERMAWAN, 152050296 (2019) KAMPANYE KOMUNIKASI HUMAS SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANDUNG PADA PROGRAM CITARUM HARUM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
2. BAB 2.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. COVER SKRIPSI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan Yang sudah di tandatangani.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN_ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kampanye Komunikasi Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung Pada Program Citarum Harum (Studi Kasus Program Kampanye Citarum Harum 2018)” Tujuan utama dari ini yakni untuk mengetahui kampanye komunikasi Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bandung pada program Citarum Harum berdasarkan awareness, attitude, dan action yang dilakukan. Subjek pada penelitian ini terdiri atas 6 orang yang dipilih secara purposive, sedangkan objeknya adalah kampanye komunikasi Humas Setda Kabupaten Bandung pada program Citarum Harum. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Rancangan analisis data berdasarkan model interaktif Miles & Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajiann data, dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas dan tingkat kepercayaan hasil penelitian dilakukan melalui triangulasi sumber. Upaya untuk membuka akses dan menjalin hubungan dengan subjek penelitian dilakukan dengan menempatkan peneliti sebagai pengamat partisipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kampanye komunikasi Humas Setda Kabupaten Bandung pada program Citarum Harum bertujuan untuk melakukan perubahan pada perilaku masyarakat atas pemanfaatan dan pendayagunaan Sungai Citarum dengan mengedepankan wawasan lingkungan melalui tiga tahap perubahan yakni awareness, attitude, action. Ada indikasi perubahan perilaku dan kebiasaan masyarakat atas Sungai Citarum hanya saja belum dapat terukur dengan pasti dan Humas perlu mengadakan riset mandiri maupun bekerjasama dengan stakeholder. Rekomendasi bagi penelitian ini yakni peran Humas harus ditingkatkan dengan melibatkannya langsung pada proses interaksi dengan masyarakat mengenai penyampaian pesan-pesan kampanye karena Humas memiliki kapasitas teoritis maupun praktis dalam membangun diskusi, negosiasi dan membangun opini di tengah masyarakat dan stakeholder lainnya. Katakunci: Kampanye komunikasi, public relations, social information processing theory, theory of change, Citarum Harum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:53
Last Modified: 03 Sep 2019 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42698

Actions (login required)

View Item View Item