PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU, TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN (SURVEY PADA SMK DI KABUPATEN PURWAKARTA, SUBANG, KARAWANG DAN BEKASI, PROVINSI JAWA BARAT)

Edi Suswardji Nugroho, NPM. 109113010 (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU, TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN (SURVEY PADA SMK DI KABUPATEN PURWAKARTA, SUBANG, KARAWANG DAN BEKASI, PROVINSI JAWA BARAT). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
artikel edi suswardji copy.docx

Download (45kB)

Abstract

Tujuan melakukan penelitian dengan judul tersebut di atas adalah untuk mengetahui gambaran tentang penomena yang didukung oleh bukti empiris tentang tingginya jumlah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Kawasan Industri Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi, Propinsi Jawa Barat yang kurang terserap oleh pasar kerja di Kawasan Industri tersebut, sedangkan peluang kerja yang ada banyak dimanfaatkan oleh tenaga SMK lulusan luar daerah tersebut. Berdasarkan penomena tersebut, tertarik untuk diteliti akar penyebab permasalahan utamanya dengan pembatasan pada faktor Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kompetensi Guru, terhadap Kinerja Guru serta Implikasinya pada Kompetensi Lulusan (Survey Pada SMK di Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi, Provinsi Jawa Barat). Metodologi penelitian ini menggunakan metode descriftive verificative dengan menggunakan Path Analysis, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen, baik secara parsial maupun simultan melalui sarana variabel intervening (mediator). Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan gambaran deskriptif dinyatakan berada pada kategori cukup baik menuju baik, sedangkan hasil penelitian verifikatif menujukan secara parsial maupun simultan dinyatakan signifikan, variable kepemimpinan memberikan kontribusi yang paling dominan terhadap kinerja guru sebesar 41,98%, kontribusi terbesar kedua adalah kompetensi guru sebesar 15,55% dan terlemah adalah budaya sekolah sebesar 15,19%. Sehingga total pengaruh secara simultan terhadap kinerja sebesar 72,7% dan epsilon 1 sebesar 27,3%. Sedangkan pengaruh kinerja terhadap kompetensi lulusan sebesar 75,1% Kata Kunci : Kepemimpinan, Budaya Sekolah dan Kompetensi Guru yang efektif dan efisien akan meciptakan Guru yang berkualitas dan berdampak terhadap Kompetensi Lulusan .

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 May 2019 07:10
Last Modified: 21 May 2019 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42228

Actions (login required)

View Item View Item