PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI SERTA DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Hartanto, NPM : 168060061 (2019) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI SERTA DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Hartanto Artikel-2019-168060061.docx

Download (327kB)

Abstract

Hartanto, (2019). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Literasi serta Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Rendahnya pemerolehan nilai ujian nasional khususnya nilai matematika beberapa tahun terakhir di SMP Negeri 1 Pamulihan Kabupaten Sumedang merupakan sebuah permasalahan yang patut untuk dicermati, hal tersebut menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penerapan model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan literasi serta disposisi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Pamulihan, Kabupaten Sumedang dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika, literasi serta angket disposisi matematika dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi-Experiment). Berdasarkan analisis dapatdisimpulan bahwa 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional , 2) Kemampuan literasi matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada kelas dengan pembelajaran konvensional, 3) Pencapaian disposisi matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada dengan pembelajaran konvensional, 4) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan literasi matematis siswa . Key words: Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Literasi, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 10 May 2019 04:24
Last Modified: 10 May 2019 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42137

Actions (login required)

View Item View Item