IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI KABUPATEN BANDUNG STUDI KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI DESA DAYEUHKOLOT KABUPATEN BANDUNG

FENY IRFANY MUHAMMAD, NPM. 158010013 (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI KABUPATEN BANDUNG STUDI KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI DESA DAYEUHKOLOT KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
FENY IRFANY MUHAMMAD_MIA - Copy.docx

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok masalah, yaitu Implementasi Kebijakan Mitigasi Bencana Banjir Di Kabupaten Bandung Pola penanggulangan bencana mendapatkan dimensi baru dengan dikeluarkannya Undang-Undang No. 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana yang diikuti beberapa aturan pelaksana terkait, yaitu Peraturan Presiden Nomor 08 tahun 2008 Tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, PP Nomor 22 Tahun 2008 Tentang Pendanaan dan Pengelolaan Bantuan Bencana, PP Nomor 23 Tahun 2008 Tentang Peran Serta Lembaga Internasional dan Lembaga Asing non Pemerintah Dalam Penanggulangan Bencana, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2008 dan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kualitatif. Kerlinger (1973) mengemukakan bahwa, penelitian survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relative, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variable sosiologis maupun psikologis Bencana alam adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baikoleh faktor alam dan non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis (BNPB : 2012). Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor (Mulyanto dkk : 2012). Berdasarkan hasil pembahasn yang telah dibahas di bab sebelumnya maka disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan Mitigasi Bencana Banjir oleh BPBD Desa Dayeuhkolot Kabupaten Bandung belum berjalan dengan maksimal, masih terdapat permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tersebut. Hal ini ditandai dengan Pencegahan Bencana Banjir, Penanganan Darurat Bencana Banjir, Rehabilitasi dan Rekontruksi bencana banjir masih banyak ditemukan permasalahan. Pada aspek pencegahan bencana banjir tersebut masih ditemui permasalahan-permasalahan seperti pelaksanaan pembuatan peta rawan bencana khususnya bencana banjir yang belum ada, pelaksanaan pemantauan rutin yang belum tampak oleh masyarakat serta pelatihan kesigapan belum dirasakan masyarakat sehingga pencegahan dan penanganan bencana belum dirasakan seutuhnya oleh masyarakat. Perlunya penerapan metode sosialisasi yang lebih praktis sehingga masyarakat lebih mudah memahami. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Gubernur Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Nomor 3 Tahun 2008..

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Apr 2019 04:55
Last Modified: 29 Apr 2019 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42126

Actions (login required)

View Item View Item