PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

DWI ASIH RAMADHANIA, NPM : 168060048 (2019) PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
artikel asih fix.docx

Download (33kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini adalah penelitian mix method dengan strategi embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; untuk menganalisis kemandirian belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; untuk menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemandirian belajar siswa; untuk menganalisis hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemandirian belajar siswa; serta untuk menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan cara uji Kolmogorov-Smirnov dan uji Mann-Whitney. Hasil analisis diperoleh bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; 3) Kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning tidak lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang mendapat pembelajaran kovensional; 4) Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 5) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dan kemandirian belajar siswa; 6) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:49
Last Modified: 22 Apr 2019 08:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42119

Actions (login required)

View Item View Item