PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SERTA PENGEMBANGAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH”.

BURHAN MAJID, NPM : 138060039 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SERTA PENGEMBANGAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH”. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Burhan.docx

Download (43kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan kemampun pemahaman matemats, dan self-efficacy siswa melalui pembelajaran Problem Baset Learning, penelitian ini adalah mix method tipe Embedded design.. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Ternate, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen memperoleh pembelajaran berbasis masalah(PBL) dan kelas VIII C merupakan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Tes yangdigunakan berupa tes kemampuan pemahaman metematis sebanyak 5 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala self efficacy, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran perbasis masalah(PBL) lebih baik daripada pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvesional, 3) Self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran konvesional, 4) terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan sef efficacy siswa melalui pembelajaran berbasis masalah, 5) Hasil analisis skala self-efficacy siswa, secara keseluruhan terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis siswa dan self-efficacy siswa. Kata kunci : Pemahaman Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Self-efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:45
Last Modified: 05 Apr 2019 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42089

Actions (login required)

View Item View Item