PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA YANG DIBACA MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PESERTA DIDIK KELAS VIII 1 CIKARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MOHAMAD JAMALUDIN, 135030044 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA YANG DIBACA MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PESERTA DIDIK KELAS VIII 1 CIKARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (266kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (181kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I REVISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II revisi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Keterampilan berbahasa merupakan kemampuan yang harus memiliki oleh setiap penulis pengguaan bahasa. Keterampilan berbahasa mencakup keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian yang berupa meningkatkan keterampilan berbahasa. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu: 1) Mampukah Penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang di baca dengan menggunakan metode group investigation sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan kreativitas pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cikarang Barat tahun pelajaran 2018/2019?; 2) Mampukah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cikarang Barat tahun pelajaran 2018/2019 mengikuti pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita di baca dengan menggunakan metode group investigation sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan kreativitas?; 3) Efektifkah penerapan metode group investigation digunakan dalam pem-belajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks yang di baca dengan meng-gunakan metode group investigation sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan kreativitas pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cikarang Barat tahun pelajaran 2018/2019? Hasil penelitian yang penulis lakukan dintaranya: 1) Hipotesis pertama dapat diterima. Hal ini dapat dibuktikan dengan meliht hasil penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMPN 1 Cikarang Barat. Penulis mendapatkan nilai rata-rata perencanaan sebesar 3,55, nilai rata-rata pelaksanaan sebesar 3,71, kemudian nilai kumulatif perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,65 dan termasuk dalam kategaori; (A) 2) Hipotesis kedua dapat diterima.Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes sebesar 44,75 dan poster 80,50 dengan mean sebasar 35,25; 3) Hipotesis ketiga dapat diterima.Hal ini dapat dibuktiakan dengan perhitungan uji t yang menghasilkan t hitung > ttabel yaitu sebesar 13,61 ≥ 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95% dan derajat ke beban sebesar 24. berdasarkan data tersebut penulis menyimpulkan bahawa metode group investigation sangat efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulakan bahwa penelitian yang penulis lakukan berhasil. Kata kunci: mengidentifikasi, membaca, teks berita, group, investigation

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:21
Last Modified: 15 Mar 2019 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41728

Actions (login required)

View Item View Item