PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA

Linda Dwi Nurmasyanti, NPM : 178060032 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Linda Dwi.docx

Download (74kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis serta motivasi belajar pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran TSTS berdasarkan permasalahan adalah lemahnya kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis. Sebagai salah satu alternatif untuk memecahkan permasalah tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas X MA Al-Husna Cisalak Kabupaten Subang. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis, angket motivasi belajar serta lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi masalah matematis, (2) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis;, (3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model TSTS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional, (4) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model TSTS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional, (5) motivasi belajar pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model TSTS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. (6) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis serta motivasi belajar pada siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran TSTS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 09 Mar 2019 07:17
Last Modified: 09 Mar 2019 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41368

Actions (login required)

View Item View Item