PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MINAT BELAJAR SISWA

Susi Setiawati, NPM : 178060031 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MINAT BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Susi Setiawati.docx

Download (73kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kemampuan koneksi, komunikasi serta minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facillitator and Explaining berdasarkan permasalahan rendahnya kemampuan koneksi dan komunikasi matematis serta minat belajar. Sebagai salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas VII SMP Plus Pagelajaran. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematis, angket minat belajar, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian memunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. (2) Pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. (3) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional.(4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional. (5) Terdapat korelasi antara kemampuan koneksi, komunikasi serta minat belajar siswa. (6) Minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining maupun pembelajaran konvensional memiliki kategori sedang. (7) Minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran Student Facillitator and Explaining, kemampuan koneksi matematis, kemampuan komunikasi matematis, minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 09 Mar 2019 07:14
Last Modified: 09 Mar 2019 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41366

Actions (login required)

View Item View Item