PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI TINGKAT MINAT BELAJAR

Ni Putu Candrawati, NPM : 178060006 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI TINGKAT MINAT BELAJAR. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Ni Putu C. (MPM).docx

Download (43kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model problem based learning(PBL) ditinjau dari minat belajarnya.Metode penelitian yang digunakan adalah mix methodtipe embedded design yang dilaksanakan di kelas VIII salah satuSMP Negeri di kota Bandung yang dikelompokkan berdasarkan kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction(DI) dan kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajarannya.Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala sikap minat belajar, tes kemampuan komunikasi matematis, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA Dua Jalur dengan hasil penelitian menunjukkantidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan model PBL dengan siswa yang belajar dengan model DI (p = 0,208) dan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari tingkat minat belajar (p = 0,023). Kata Kunci: Model PBL, Kemampuan komunikasi matematis, Kemampuan Pemecahan masalah matematis, minat belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 09 Mar 2019 06:28
Last Modified: 09 Mar 2019 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41358

Actions (login required)

View Item View Item