PENGGUNAAN ICT UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING

Arum Rohmasari, NPM : 168060020 (2019) PENGGUNAAN ICT UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Arum Rohmasari.docx

Download (81kB)

Abstract

Penyebab dari rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa karena kecenderungan pembelajaran berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran. Kurangnya rasa tanggung jawab dalam diri siswa mengakibatkan siswa malas dalam mengerjakan soal. Salah satu alternatif pembelajaran yang memungkinan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA yaitupembelajaran penemuan terbimbing dengan penggunaan media ICT. Berdasarkan pemaparan tersebut artikel ini akan membahas mengenai penggunaan ICT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui metode penemuan terbimbing.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) tipe penyisipan (Embedded Design) dengan pendekatan kuantitatif sebagai pendekatan utama, dan pendekatan kualitatif sebagai pendekatan sisipannya.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Kelas yang pertama memeroleh pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan ICT (kelas eksperimen) dan kelas kedua memperoleh pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Setelah melakukan penelitian di peroleh adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan penemuan terbimbing berbasis ICT. Kata kunci : penemuan terbimbing, ICT, komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:43
Last Modified: 09 Mar 2019 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41328

Actions (login required)

View Item View Item