PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DITINJAU DARI STATUS SOSIAL EKONOMI

Erni Sulastri, NPM : 178060014 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DITINJAU DARI STATUS SOSIAL EKONOMI. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
jurnal_Tesis_Erni sulastri.docx

Download (22kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaranTeams Games Tournamen terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy ditinjau dari status sosial ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif deskriptif dengan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Design dengan Desain pretest dan postest. Populasinyaadalah siswa kelas VIII SMPN 3 Bandung tahun ajaran 2018/2019. pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Samplingdan terpilih 2 kelas. Instrumen penelitiannya yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, angket self-efficacy,status sosial ekonomi, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Gambaran Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran TGT memiliki sikap yang positif 3) Self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 4) Kondisi status. 6) Tidak terdapat interaksi antara kelas yang memperoleh model pembelajaran TGT dan pembelajaran konvensional dengan status sosial ekonomi siswa dilihat dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. 7) Self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari status sosial ekonomi. 8) Tidak terdapat interaksi antara kelas yang memperoleh model pembelajaran TGT dan pembelajaran konvensional dengan status sosial ekonomi siswa dilihat dari self-efficacy siswa, 9) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy baik siswa yang memperoleh model pembelajaran TGT maupun siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy, Status Sosial Ekonomi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:14
Last Modified: 09 Mar 2019 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41322

Actions (login required)

View Item View Item