PENGARUH MODEL PEMBELAJARANRECIPROCAL TEACHINGTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTS DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI (OSIS)

Della Hendalillah, NPM : 178060018 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANRECIPROCAL TEACHINGTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTS DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI (OSIS). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL DELLA. H fix.docx

Download (24kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa ditinjau dari keaktifan siswa berorganisasi (OSIS). Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mix Method) dengan tipe Embedded Design. Desain penelitian yang digunakan adalah desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Plus Darul Hufadz Jatinangor, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-C dan VIII-D. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa dan motivasi belajar terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching ditinjau dari keaktifan siswa berorganisasi (OSIS). Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa dengan penerapan model Reciprocal Teaching pada siswa aktif berorganisasi (OSIS) lebih baik daripada siswa yang tidak aktif berorganisasi (OSIS). Terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar dengan penerapan model Reciprocal Teaching pada siswa yang aktif berorganisasi (OSIS). Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar, OSIS

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:11
Last Modified: 08 Mar 2019 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41223

Actions (login required)

View Item View Item