ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMPETENSI DOSEN, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SEMANGAT KERJA DOSEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DI WILAYAH CIAYUMAJAKUNING PROVINSI JAWA BARAT

OMAN FATHUROHMAN, NPM : 149010034 (2019) ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMPETENSI DOSEN, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SEMANGAT KERJA DOSEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DI WILAYAH CIAYUMAJAKUNING PROVINSI JAWA BARAT. Disertasi(S3) thesis, Perpustakaan Unpas.

[img] Text
Artikel Oman Fathurohman.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar adanya fenomenarendahnya kinerja dosen dalam pengelolaan pembelajaran di wilayah Ciayumajakuning di Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, yaitu metode penelitian deskriftif survey dan explanatory survey yang sifatnya deskriftif dan verifikatif. Teknik sampling dalam penelitian mengunakan “Sampling Two Stage” dengan sampel sebanyak 126 responden. Hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan semangat kerjadipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional, kompetensi, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan nilai korelasi dan koefisien jalur yang diperoleh dari hasil perhitungan dengan SPSS dapat diketahui besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung dari kepemimpinan transformasional, kompetensi, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosionalterhadap semangat kerja. Hasil analisis dengan menggunakan analisis jalur diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan transformasional terhadap semangat kerja dosen PTAIS di Ciayumajakuning dengan total pengaruh sebesar 22,85%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi dosen terhadap semangat kerja dosen PTAIS di Ciayumajakuning dengan total pengaruh sebesar 21,67%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan spiritual terhadap semangat kerja dosen PTAIS di Ciayumajakuning dengan total pengaruh sebesar 16,18%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional terhadap Semangat kerja dosen PTAIS di Ciayumajakuning dengan total pengaruh sebesar 6,44%. (5) Terdapat pengaruh simultan yang signifikan dari kepemimpinan visioner, budaya organisasi, kompetensi pegawai dan motivasi pegawai terhadap semangat kerja dosen PTAIS di Ciayumajakuning dengan total pengaruh sebesar 67,14%. (6) Terdapat pengaruh simultan yang signifikan dari kepemimpinan visioner, budaya organisasi, kompetensi pegawai dan motivasi pegawai terhadap semangat kerja dosen PTAIS di Ciayumajakuning dengan total pengaruh sebesar 67,14%. (7) Terdapat pengaruh yang signifikan dari semangat kerja terhadap kinerja dosen PTAIS di Ciayumajakuning dengan besaran pengaruhnya sebesar 79,56%. Kata Kunci: pengaruh kompetensi dosen, semangat kerja dosen, kinerja dosen.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 05 Mar 2019 09:03
Last Modified: 05 Mar 2019 09:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41135

Actions (login required)

View Item View Item