Iona Lisa Ndakularak, NPM : 178060021 (2019) PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PBL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN DISPOSISI SISWA SMK DITINJAU BERDASARKAN GENDER. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Unpas.
Text
Artikel Iona Lisa Ndakularak.docx Download (24kB) |
Abstract
Abstrak: Kemampuan literasimatematiksangatdiperlukansiswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan literasimatematiksiswaternyatamasihrendah. Guru dalam menyampaikan materi terasamonoton, sehinggasiswakurangaktifdankurangdapatmenyampaikan ide-ide mereka. Salah satualternatifpembelajaran yang di harapkandapatmeningkatkan kemampuan literasimatematikadalahpembelajaran menggunakan mobile learning. Penelitian ini bertujuanuntuk: 1) Mengkajipembelajaran menggunakan mobile learninglebihbaikdari pada kemampuan siswa yang memperolehpembelajaran matematika secarakonvensionalditinjauberdasarkan gender; 2) Mengkaji kemampuan literasi matematika siswa yang mendapatpembelajarandengan menggunakan mobile learninglebihbaikdaripadasiswa yang memperolehpembelajarankonvensionalditinjauberdasarkan gender; 3) Mengkajidisposisisiswa yang mendapatpembelajarandengan menggunakan mobile learningdansiswa yang mendapatpembelajarankonvensionalditinjauberdasarkan gender; 4) Mengkajikorelasidisposisidan kemampuan literasi matematika siswa yang memperolehpembelajaran menggunakan mobile learningdanpembelajarankonvensional; 5) Menelaahkeunggulandankelemahanpenggunamobile learningdibandingkandenganpenggunaanpembelajarankonvensional; 6) BagaimanaPengembanganPembelajaran dalam mobile learning. Menurutmetodenya, penelitian ini menggunakan metode mix method tipe embedded design dandesainya menggunakan quasi-eksperimen. Populasipenelitian ini adalahsemua kelas X SMK Bakti Nusantara 666 Bandung tahunajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupatestipeuraian kemampuan literasidanskaladisposisimatematik yang menggunakan model Skala Likert. Berdasarkananalisis data hasilpenelitian, diperolehkesimpulan: 1). Pembelajaran yang menggunakan mobile learninglebihbaikdari pada kemampuan siswa yang memperolehpembelajaran matematika secarakonvensionalditinjauberdasarkan gender (ditinjauberdasarkankeseluruhan, laki-lakidanperempuan); 2) Kemampuan literasimatematiksiswa yang mendapatkanpembelajaran menggunakan mobile learninglebihbaikdibandingkandengansiswa yang mendapatkanpembelajaran matematika dengan model pembelajarankonvensionalditinjauberdasarkan gender (keseluruhan, perempuan, danlaki-laki); 3) Disposisimatematiksiswa yang mendapatkanpembelajaran menggunakan mobile learninglebihbaikdibandingkandengansiswa yang mendapatkanpembelajaran matematika dengan model pembelajarankonvensionalditinjauberdasarkan gender (keseluruhan, perempuan, danlaki-laki); 4) Tidakterdapatkorelasiantara kemampuan literasidandisposisimatematiksiswa yang memperolehpembelajaran menggunakan mobile learningdengan yang memperolehpembelajarankonvensional; 5) Terdapatkeunggulandankelemahanpenggunamobile learningdibandingkandenganpenggunaanpembelajarankonvensional. Kata kunci: LiterasiMatematik, Mobile Learning, DisposisiMatematik, Gender.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 08:30 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41134 |
Actions (login required)
View Item |