PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DAN KAPABILITAS PEMASARAN EKSPOR SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN EKSPOR INDUSTRI PENGOLAHAN ROTAN DI INDONESIA

INDRA MUIS, NPM: 129113012 (2019) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DAN KAPABILITAS PEMASARAN EKSPOR SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN EKSPOR INDUSTRI PENGOLAHAN ROTAN DI INDONESIA. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
INDRA MUIS_DIM - Copy.docx

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji kinerja pemasaran ekspor melalui implementasi orientasi pasar yang dimediasi oleh implementasi strategi pemasaran ekspor dan kapabilitas pemasaran ekspor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis 1) implementasi orientasi pasar, 2) implementasi strategi pemasaran ekspor, 3) kapabilitas pemasaran ekspor 4) kinerja pemasaran ekspor, 5) pengaruh orientasi pasar terhadap implementasi strategi pemasaran ekspor, 6) pengaruh orientasi pasar terhadap kapabilitas pemasaran ekspor, dan 7) pengaruh implementasi strategi pemasaran ekspor dan kapabilitas pemasaran ekspor terhadap kinerja pemasaran ekspor. Variabel-variabel dalam penelitian ini terdiri dari orientasi pasar. Implementasi strategi pemasaran ekspor, kapabilitas pemasaran ekspor dan kinerja pemasaran ekspor. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan explanatory survey. Sifat penelitian adalah deskriptif dan verifikatif. Data primer diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada sampel sebanyak 108. Responden adalah para manajer pemasaran atau para pemilik Industri pengolahan rotan sekurang-kurangnya yang memiliki pengalaman selama lebih dari 2 (dua) tahun. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan normalitas. Analisis deskriptif ditetapkan dengan tabulasi data berdasarkan kelas interval untuk penetapan kategori nilai rata-rata. Analisis verfikatif merupakan uji hipotesis melalui pengolahan data dan pengujian secara statistik. Alat analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM), dan pengolahan menggunakan Lisrel 8.7. Kelayakan model diuji melalui kriteria kesesuaian model dengan teori, akurasi estimasi parameter, kemampuan menjelaskan, dan kemampuan memprediksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi orientasi pasar, implementasi strategi pemasaran ekspor, dan kapabilitas pemasaran ekspor terlaksana dengan baik. Kinerja pemasaran ekspor walau baik tapi masih perlu lebih ditingkatkan. Mengenai hubungan antar variable, orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap implementasi strategi pemasaran ekspor. Orientasi pasar juga berpengaruh signifikan terhadap kapabilitas pemasaran ekspor. Strategi pemasaran ekspor dan kapabilitas pemasaran ekspor berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran ekspor.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Mar 2019 06:01
Last Modified: 05 Mar 2019 06:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41126

Actions (login required)

View Item View Item