PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMESTOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS SERTA MENGANALISIS DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA

Dedeh Fatimah, NPM : 178060019 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMESTOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS SERTA MENGANALISIS DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Dedeh Fatimah.docx

Download (85kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji peningkatan kemampuan literasi matematis dan aktivitas serta menganalisis disposisi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berdsarkan permasalahan rendahnya kemampuan literasi matematis dan aktivitas siswa. Sebagai salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis dan aktivitas tersebut. Subjek dalam penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA Terpadu Riyadlul Huda Kabupaten Bandung Barat. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan antara lain, tes kemampuan literasi matematis, lembar observasi, angket disposisi matematis serta wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis, 2) pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa,3) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) kualitas peningkatannya beriterpretasi sedang, 4) disposisi matematis siswa terhadap penerapan model pembelajaranTeam Games Tournament (TGT) positif terutama pada indikator menilai aplikasi matematika dalam bidang lain dan dalam kehidupan sehari-hari, namun indikator yang masih rendah pada indikator penghargaan (appreciation) peran matematika dalam budaya dan nilainya, baik matematika sebagai alat, maupun matematika sebagai bahasa. Dan 5) tidak terdapat korelasi antara antara kemampuan literasi matematis dan aktivias siswa kemudian terdapat korelasi antara aktivitas dan disposisi matematis serta terdapat korelasi antara kemampuan literasi dan disposisi siswa dengan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Kata kunci : Team Games Tournament (TGT), Kemampuan Literasi Matematis, Aktivitas Siswa, dan Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:56
Last Modified: 04 Mar 2019 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41089

Actions (login required)

View Item View Item