PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Cibatu 3 Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut)

Nopi Triyanti, 125060024 (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Cibatu 3 Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.en.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.sd.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kelas IV SDN 3 Cibatu yang cenderung pasif dalam pembelajaran dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang monoton, sehingga menyebabkan suasana belajar yang tidak menyenangkan. Dengan latar belakang tersebut, peneliti termotivasi untuk meningkatkan sikap tanggung jawab, peduli, percaya diri, serta hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning type Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan terdiri dari 3 siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 3 Cibatu yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pada hasil penelitian siklus I untuk persentase ketunt asan sikap siswa yaitu sebear 77% dari seluruh siswa dengan nilai akhir 2,6 dan temasuk dalam kriteria mulai berkembang, pada siklus II persentase ketuntasan sikap siswa mencapai 86% dengan nilai akhir 2,8, dan pada siklus III persentase ketuntasan sikap s iswa mencapai 91% dan nilai akhir 3 dengan kriteriaa mulai berkembang. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68% yang lulus dari 22 orang siswa dengan rata-rata kelas 70. Pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 86% siswa yang lulus mencapai ≥KKM dengan nilai rata-rata kelas 76, serta pada siklus III, persentase ketuntasan mencapai 95% siswa yang lulus dengan nilai rata -rata kelas 76. Dari hasil pene litian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning type Group Investigation pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dapat meningkatkan sikap tanggung jawab, peduli, dan percaya diri serta hasil belajar siswa. Kata kunci: Cooperative Learning type Group Investigation, sikap tanggung jawab, peduli, percaya diri, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:49
Last Modified: 04 Mar 2019 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41074

Actions (login required)

View Item View Item