Popon Dania, 125060010 (2019) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Bojongsalam V Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Akademik 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.
|
Text
cover2 (PRINT 3).pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.sd.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.en.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kelas III SDN Bojongsalam V yang cenderung pasif dalam pembelajaran dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang monoton, sehingga menyebabkan suasana belajar yang tidak menyenangkan. Dengan latar belakang tersebut, peneliti termotivasi untuk meningkatkan Keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Bojongsalam V yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pada hasil penelitian siklus I untuk persentase ketuntasan keaktifan yaitu sebesar 60% dari seluruh siswa dan temasuk dalam kategori baik, pada siklus II persentase ketuntasan keaktifan siswa mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I, hasil belajar siswa rata-rata sebesar 67. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ KKM sebanyak 10 orang atau 50%, dan siswa yang mendapatkan nilai ≤ KKM sebanyak 10 orang atau 50% dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 82. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ KKM sebanyak 18 orang atau 90%, dan siswa yang mendapatkan nilai ≤ KKM sebanyak 2 orang atau 10% dari jumlah keseluruhan siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran matematika tentang angka bilangan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Picture and Picture, keaktifan dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 06:46 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41071 |
Actions (login required)
View Item |