PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP HABITS OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION PESERTA DIDIK SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEEPER LEARNING CYCLE

Melinda Nur Rahmatika, NPM : 168060052 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP HABITS OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION PESERTA DIDIK SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEEPER LEARNING CYCLE. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL_MELINDA NUR RAHMATIKA_168060052.docx

Download (25kB)

Abstract

Melinda Nur Rahmatika,(2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Berpikir Reflektif Matematis serta Dampaknya Terhadap Habits of Striving For Accuracy and Precision Peserta Didik SMA melalui Model Pembelajaran Deeper Learning Cycle. Rendahnya kemampuan pemahaman konseptualdan berpikir reflektif matematis serta Habits of Striving For Accuracy and Precisionpeserta didik IPA SMAN 25 Bandung merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menggunakan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desaindengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postescontrol grup design, bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaanmodel pembelajaran Deeper Learning Cycle(DELC) yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual dan berpikir reflektif serta dampaknya terhadap Habits of Striving For Accuracy and Precisionpeserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMAN 25 Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling)2 kelas yang pada tahun ajaran 2018/2019. Kelas XI IPA 4diberikan perlakuan dengan model DELCdan kelas XI IPA 6dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konseptual, tes kemampuan berpikir reflektif matematis, dan angket Habits of Striving For Accuracy and Precision, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konseptual matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran DELC lebih baik daripada peningkatan kemampuan kemampuan pemahaman konseptual matematis peserta didiktinggi, sedang dan rendahyang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran DELC lebih baik daripada peningkatan kemampuan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didiktinggi, sedang dan rendahyang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) Habits of Striving For Accuracy and Precisionpeserta didiktinggi, sedang dan rendah yang memperoleh model DELClebih baik Habits of Striving For Accuracy and Precision peserta didiktinggi, sedang dan rendah yang memperoleh pembelajaran konvensional, (4) Terdapat hubunganpositif antara kemampuan pemahaman konseptual matematis peserta didik dengan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Kata kunci: Deeper Learning Cycle(DELC), kemampuan pemahaman konseptual, kemampuan berpikir reflektif,Habits of Striving For Accuracy and Precisionpeserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:03
Last Modified: 01 Mar 2019 09:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40993

Actions (login required)

View Item View Item