IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PELAJARANMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SERTA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Wida Julaeha, NPM : 148060080 (2019) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PELAJARANMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SERTA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Wida Julaeha.docx

Download (22kB)

Abstract

Wida Julaeha (2019). Implementasi Metode Inkuiri dalam Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar serta Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan metode inkuiri terhadap kemandirian belajar serta kemampuan komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas, asosiasi antara kedua kemampuan, implementasi metode inkuiri dan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa pada kedua kemampuan. Metode penelitianyang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Campuran (Mix Method) Tipe Embedded(Embedded Design). Sampel penelitian ini adalah kelas XII MIPA dari salah satu SMA di Kabupaten Bandung Barat dengan subjek penelitian sebanyak 42 siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.data dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen penelitian terdiri dari dua jenis yaitu tes berupa soal uraian kemampuan komunikasi, dan non tes berupa angket, observasi, dan wawancara kemandirian belajar siswa.Berdasarkan hasil pengolahan data didapat kesimpulan; 1) Kemandirian belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran matematik berjalan lancar. 2) Kemandirian belajar matematik siswa yang pembelajarnnya menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada menggunakan metode pembelajara biasa. 3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunaan metode pembelajaran inkuiri lebih baik daripada menggunakan metode biasa tergolong sedang. 4) Terdapat asosiasi sangat kuat antara kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar matematik siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode inkuiri. 5) Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi umumnya pada indikator menyusun konjektur dan argumen. Kata Kunci : Metode Inkuiri, Kemandirian Belajar, Kemamapuan Komunikasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:36
Last Modified: 01 Mar 2019 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40991

Actions (login required)

View Item View Item