MODEL INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA PERTIWI PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

NIA KURNIASIH, NPM : 158090038 (2019) MODEL INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA PERTIWI PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Nia Kurniasih.docx

Download (114kB)

Abstract

Kurniasih, Nia 2019,Model InduktifdalamPembelajaranApresiasiPuisidanDampaknyaterhadapKemampuanMenulisPuisipada Siswa Kelas X SMK Dharma Pertiwi Kab Bandung Barat.Tesis, ProgramStudiPendidikanBahasa Indonesia. Program PascasarjanaUniversitasPasundan Bandung.Pembimbing: (I) Prof. Dr. H.M. DidiTurmudzi,, M.Si., (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas X dalam membacadanmenulis puisi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membacadanmenulis puisi adalah model Induktif. Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan siswa dalam membacadanmenulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model Induktif di kelompok eksperimen, 2) Kemampuan siswa dalam membacadanmenulis puisi tanpa menggunakan model Induktif di kelompok kontrol, dan 3) perbedaan yang signifikan antara kemampuan membacadanmenulis puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metodecampurandengan desain penelitian control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Dharma Pertiwi Bandung Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas X OTKP 2 dan X TKJ. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan model Induktif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates kemampuan membaca puisi untuk kelompok eksperimen sebesar 42dan kemampuan menulispuisisebesar 54 Sedangkan nilai rata-rata pascates kemampuanmembacapuisiuntuk kelompok eksperimen sebesar 80 dan kemampuan meunulispuisisebesar 82. Data hasil prates dan pascates kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpukan bahwa model Induktifdapat meningkatkan kemampuan membacapuisi yang berdampakpadakemampuanmenulis puisi. Kata kunci : model induktif, membacapuisi, menulis puisi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 06:42
Last Modified: 01 Mar 2019 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40988

Actions (login required)

View Item View Item